Saturday, December 25, 2010

MENGGAGAS IDE PTK? INOVATIF

MENGGAGAS IDE PTK? INOVATIF...

by

nikmah nurbaity

untuk mampu menemukan gagsan ketka membuat PTK sebenarnya pangkal tolak berpikirnya mudah: yaitu menemukan GAP atau KESENJANGAN antara tujuan pembelajaran dan kenyataan di kelas yang kita hadapi. tujuan pembelajaran sellau menuju kompetensi ideal untuk dicapai. kenyataannya tidaklah selalu mudah mendapatkan atau mencapai kompetensi yang disaratkan dalam tujuan pembelajaran. selalu terjadi gap / kesenjangan antara tujuan ideal dan kenyataan di kelas. gap / kesenjangan inilah pangkal tolak kita menenmukan gagasan .

adanya gap atau kesenjanagan ini di sebut masalah. masalah ini harus kita atasi dengan cara terbaik alternatif terbaik yang paling sesuai dengan kelas tersebut. kita harus mampu menemukan cara terbaik untuk mengatasi masalah pemebelajaran yaitu adanya kompetensi yang belum maksimal di tujuan pembelajaran tertentu.

bagaiaman kita mampu menemukan cara terbaik? soluti tertepat ? jalan keluar terefektif? kita harus INOVATIF

innovative learning’ is defined as “a deliberate change in a positive direction that originates from those directly involved in the act of learning or teaching”.
Three ‘frames’ were used to interrogate the current and potential states of innovative learning at the Bartlett:

what level in the curricular structure an innovation was at, what stages are involved in innovation, and what are the conditions for successful innovation.

Innovation’ is defined in the Concise Oxford Dictionary as the bringing in of “new methods, ideas, etc”.

To innovate simply means to “make changes”. The term is frequently used in business and management circles to describe ‘ground-breaking’ changes that help further commercial success.

Create new things , ideas or ways of doing something

intinya pembelajran inovatif berarti mampu menciptakan sesuatu , ide atau cara baru untuk melakukan sesuatu dan Inovasi pembelajaran berarti menciptakan sesuatu yang baru, ide baru atau cara baru untuk proses belajar mengajar.

berikut beberpa langkah ke sana :
Ciptakan ide dan cara baru
Berikan semakin banyak pengalaman belajar
Kemampuan siswa adalah tujuan utama
Keberhasilan siswa adalah kebahagiaan
Mengajar adalah ibadah, hobi dan tanggung jawab.
Lakukan dengan semangat 100 %
Inovasi adalah KREATIVITAS

Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang tidak dibuat orang lain sesuatu yang baru dan memiliki daya guna
Kreativitas adalah membuat yang abstrak menjadi nyata , yang potensial menjadi aktual
Kreativitas adalah kombinasi thinking, skill dan motivasi

4 unsur kreativitas:
Person : orangnya mandiri, ulet, harga diri tinggi dan fleksibel
Process : dari persiapan hingga verifikasi
Press : dorongan motivasi
Product : karya

4 tahap kreativitas:

Persiapan :mengenal masalah
Inkubasi :ketegangan mencapai puncak,
Iluminasi : timbulnya insight pencerahan
Verifikasi : mencoba gagasan dengan realitas

Kreatif menurut orang Jawa:
Niteni : lihat , amati, cermati
Nirokke : lakukan, kerjakan
Nambahi : ide baru, gagasan yang berbeda

contoh inovasi untuk pembelajaran bahasa
UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA:
CYBER CLASSROOM, pembelajaran antar bangsa
PERCAKAPAN IMAJINER, aplikasi roleplay
PETA KONSEP atau mindmapping
BERMAIN PERAN / ROLE PLAY
BRAINSTORMING atau curah gagasan
BLAME STORMING
SONGS PRAPHRASE / PARAFRASE LAGU
DEBATE / DEBAT
ASSISTENSI TERPIMPIN, peer tutoring
WEBPORTOFOLIO, weblog, BLOG PORTOFOLIO
Drama
PERMAINAN

contoh isu teori pemlejaran :
CTL BISA DIBAHAS 7 UNSURNYA
QUANTUM LEARNING
ACCELARATED LEARNING
COOPERATIVE LEARNING
COMMUNICATVE LEARNING
INTEGRATIVE LEARNING
STUDENT CENTERED LEARNING
DLL

7 UNSUR CTL juga bagus untuk dikupas satu satu :
INQUIRY
CONSTRUCTIVISM
QUESTIONING
MODELLING
LEARNING SOCIETY
AUTHENTIC ASSESMENT

untuk breakthrough kalau belum juga mendapat gagasan :
CERMATI SKL MAPEL, SK DAN KD
Cermati micro skill listening, speaking, reading, writing
Cermati jenis text untuk dikuasai siswa
ADA TARGET IDEAL YANG HARUS DICAPAI SISWA
BANDINGKAN DENGAN KENYATAAN
APAKAH GAP YANG TERJADI?
APA PENYEBABNYA
APA JALAN KELUAR/ ALTERNATIF TERBAIKNYA?

Bandingkan kondisi ideal dan kenyataan di kelas
Temukan kesenjangan yang terjadi
Tindakan nyata apa yang harus dilakukan guru agar kondisi / hasil lebih baik
Pilih satu tujuan yang spesifik
Pilih tujuan yang spesifik , ingin meningkatkan apa
Melalui cara apa
Di kelas berapa sekolah mana

CONTOH :

Meningkatkan kemampuan kosa kata melalui media gambar di kelas X1 SMA negeri 1 Purworejo


Meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Indonesia melalui metode menabung di kelas XI SMA…

Meningkatkan kompetensi berbicara bahasa Inggris melalui Role Play di kelas XII SMA…

Meningkatkan kompetensi menulis melalui semantic mapping di kelas XII SMA..

Meningkatkan kompetensi menulis RECOUNT melalui field study di kelas X SMA…..


CONTOH JUDUL PTK UNTUK TK DI LOMBA LKG 2005
PENGINTERAGASIAN GERAK DAN LAGU KE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SEBAGAI STARTEGI ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI

KLIPING TEMATIS SEBAGAI PEMBELAJARAN EFEKTIF KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TK ABA KRAPYAK THN 2005/2006

CARA MUDAH BELAJAR CALISTUNG DENGAN BERMAIN GEOMETRI


PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PERMAINAN MENCARI KATA UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA DI TK

PEMBELAJARAN TERPADU DALAM PERMAINAN ZONA CERDAS CERIA MENRUPAKAN UPAYA PENINGKATAN KREATIFITAS ANAK

KERETA PEMBELAJARAN UNTUK PERSIAPAN MEMBACA MENULIS BERHITUNG YANG MENYENANGKAN

PENGGUNAAN ANEKA BIJI DAN KARTU VOUCHER BEKAS SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN DI TK FADHILA MAKASAR

untuk SD
INOVASI PEMBELAJARN AGAMA KATOLIK DENGAN METODE OUTBOUND

TWELVE-SIDE DICE , PERAGA ALTERNATIF DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS SISWA SD..

PEMBELAJARAN GLOBAL DENGAN KARTU KWARTET UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN EFEKTIFITAS SISWA DALAM BELAJAR PENGETAHUAN SOSIAL
DI SD

WAYANG UNTUK MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS RANGKAP DI SD

MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN ENERGI MENGGUNAKAN PERAGA KINCIR NAD SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SAINS DI SD

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RODA AJAIB DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL KARYA SENI SISWA DALAM PELAJARAN MENGGAMBAR DI KELAS 2 SD…

MELATIH KETRAMPILAN BERBAHASA DENGAN METODE 2B DI SD…

untuk smp
METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA INGGRIS TERINEGRASI DI KELAS IX SMP SEMARAPURA

UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA RUNNING LED DI KELAS VIII SMAP…

PERMAINAN GERBANG INTRINSIK SEBGAI PERAGA ALTERNATIF DAN PENERAPAN AMBIL ALIH SERTA PEMANFAATAN ANEKDOT DALAM PEMBELAJARAN KETRAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS

PETA KONSEP DAN ANALOGI DALAM CTL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARN BIOLOGI DI SMP NE MARGARAHAYU KELAS..

untuk SMA
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA BERWAWASAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI EFFECTIVE MICROORGANISM -4 PADA PEMBUATAN BIOGAS

PENGEMBANGAN CIVIC SKILLS MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPASIF DI SMA…
PEMANFAATAN LABOR ALAM MELALUI PETUALANGAN KECIL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS ..SMA..

APLIKASI QUANTUM TEACHING DAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PEMBELAJARAN KETRAMPILAN BERBAHASA BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KENDAL


PERCAKAPAN IMAJINER , APLIKASI ROLE PLAY UNTUK MEMPERCEPAT PENGUASAAN KOMPETENSI LISAN DAN TULIS BAHASA INGGRIS

PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA PUISI MENGGUNAKAN MODEL KOMPETISI AFI SISWA KELAS X SMAN CEPIRING

sekarang langkah nyatanya adalah :
CERMATI SKL
CERMATI KD
CERMATI VISI SEKOLAH
BANDINGKAN DENGAN KENYATAAN DALAM KELAS
CARI SOLUSI

dan selamat menulis PTK, membuat anda guru yang profesional dan peningkatan kompetensi siswa tercapai

SELAMAT MENULIS...

SALAM
NIKMAH NURBAITY

No comments:

Post a Comment