Saturday, April 6, 2013

Intel Berikan Penghargaan untuk Guru Melek Teknologi

Agustus 28, 2011 by mustafatope http://www.tempo.co/hg/it/2011/08/16/brk,20110816-352087,id.html
 Intel Berikan Penghargaan untuk Guru Melek Teknologi Selasa,
 16 Agustus 2011 | 14:38 WIB AP/Paul Sakuma TEMPO Interaktif, Jakarta –

Intel Indonesia memberikan penghargaan kepada 12 guru, kepala sekolah, dan pengawas dari sekolah negeri yang mengintegrasikan teknologi ke dalam proses belajar mengajar. Penghargaan tahunan dengan tema “Intel Education Awards” ini dilakukan oleh Intel Education Initiative dan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia, pada Senin, 15 Agustus 2011.

 “Dua belas guru ini disaring dari 231 guru yang berasal dari 33 provinsi,” kata Imelda Adhisaputra, Direktur Corporate Affairs Intel Indonesia di Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2011. Para guru itu melalui berbagai tahapan, termasuk wawancara dan prensentasi untuk memaparkan penerapan teknologi dalam metode belajar mengajar mereka. Imelda mengatakan tahun ini adalah penganugrahan ketiga Intel Education Awards.
Dari tahun ke tahun, ia mengatakan telah melihat banyak contoh luar biasa dari pendidik yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan hasil belajar mengajar. Tahun ini misalnya, kata dia, ada guru dari Pulau Haruaku, Maluku, yang melakukan pemanfaatan teknologi meski dengan fasilitas terbatas, bahkan listrik disana pun tidak stabil. Siti Zulaifah Sulaiman, Guru SMAN 3 Medan, pemenang Kategori Guru, mengatakan tidak ingin guru kalah bersaing dengan muridnya dalam pemanfaatan teknologi.

 “Kami selalu ditantang untuk selangkah lebih maju daripada murid. Teknologi membuat kami bisa memberikan lebih banyak untuk para murid,” ujarnya. Imelda mengatakan Intel Education Awards ini merupakan bagian dari Intel Teach Program yang menyediakan bimbingan teknologi bagi para pendidik untuk memanfaatkannya dalam proses belajar mengajar dan program ini telah melatih 75 ribu tenaga pengajar sejak diluncurkan empat tahun lalu.

 Sementara itu, daftar pemenang Intel Education Awards antara lain:

Kategori Guru:
 1. Siti Zulfah Sulaiman (SMAN 3 Medan, Sumatera Utara)
 2. Mustafa, SST.Par, M.Pd (SMKN 4 Makassar, Sulawesi Selatan)
3. Dra. Herfen Suryati (SMA YPUDP Bontang, Kalimantan Timur)
4. H. Imron Rosidi, S.Pd., M.Pd (SMKN 2 Pasuruan Jawa Timur)
5. Nur Azizah, S.Pd, M.Si (SMAN 1 Koto Baru Dharmasraya, Sumatera Barat)

Kategori Kepala Sekolah dan Pengawas:
1. Drs. Tri Suharnowo, M.M (SMA YPHB Kota Bogor, Jawa Barat)
2. Nikmah Nurbaity, S.Pd, M.Pd (SMAN 5 Purworejo, Jawa Tengah)
3. Andi Candra, M.Pd (SMAN 1 Lebong Atas, Bengkulu)
 4. Drs. Ganda Santosa (Dinas Pendidikan Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan)

 Kategori Pengajar Luar Biasa (PLB):
Solbi, S.Pd (SMALB Prof. Dr. Sri Soedewi, Jambi)
Kategori Guru Berdedikasi: Ali Tuasikal (SMAN 1 Pulau Haruku, Maluku)
Kategori Tutor Paket-C: Raden Roro Vemmi Kesuma Dewi (PKBM Budaya DKI Jakarta)

HOW T SCORE WRITING TEST

CONTOH PENSKORAN TEST WRITING MENULIS BAHASA INGGRIS?

BY
NIKMAH NURBAITY
POSTED 7 APRIL 2013

BAGAIMANA MENILAINYA?
 Test menulis siswa dinilai dengan kriteria analitis yang meliputi 5 unsur yaitu
 (1) Content / isi,
 (2) struktur teks,
 (3) grammar,
 (4) kosa kata dan
(5) mekanik (Brown, 2004:244).

Penilaian menulis ini diadaptasi daripenilaian menurut Brown tetapi besaran penskoran untuk mempermudah diubah ke angka yang lebih kecil yaitu dari 4- 10.

Berikut penskoran masing masing unsur:
(PENSKORAN SILAKAN DIADAPTASI SENDIRI, ANGKA 4 SAMPAI 10 SAYA PILIH DENGAN ALASAN TERTENTU)

Content:
1. 4-6 Not clear. Little elaboration, many digressions
2. 7-8 Clear ideas but not elaborated and some digressions
3. 9-10 Focus on central ideas with elaboration

Organizational:
1. 4-6 Not clear in purpose, not orderly organized from beginning, middle and end
2. 7-8 Clear in purpose but not orderly organized from beginning, middle and end
3. 9-10 Clear in purpose and orderly organized from beginning, middle and end

Vocabulary:
1. 4-6 Not controlled, sentences halted and choppy
2. 7-8 Vocabulary basic and not purposefully selected.
3. 9-10 Vocabulary less precise and information chosen purposeful

Grammar:
1. 4-6 Shifts from one tense to another, errors in convention
2. 7-8 Some errors with inflections, agreement and word meaning
3. 9-10 Mostly standard inflections, agreement and word meaning

Mechanics:
 1. 4-6 Misspells even simple words, little formatting evident
2. 7-8 Some errors with spelling and punctuation that detract meaning
3. 9-10 Mostly effective use of mechanics, errors do not detract from meaning